Semakin maraknya perusahaan yang mengizinkan para calon
karyawan agar mengirimkan surat lamaran kerjanya melalui email. Hal tersebut
pastinya akan sangat memberikan keuntungan entah itu untuk pelamar maupun
perusahaan. Misal untuk perusahaan, hal tersebut akan membantu untuk mengurangi
masuknya surat lamaran yang dikirim dengan memakai kertas dan wajib untuk
diarsipkan. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga jadi lebih gampang untuk
membalas surat lamaran dengan bentuk email kepada para calon karyawan yang melamar.
Inilah Cara Mengirim Lamaran Pekerjaan yang Benar Lewat
Email
Inilah Cara Mengirim Lamaran Pekerjaan yang Benar Lewat
EmailSedangkan untuk anda yang menjadi calon karyawan, hal ini sudah pasti akan
mempermudah anda mengirimkan lamaran pekerjaan dengan cepat. Apabila anda ingin
melamar pekerjaan ke perusahaan lebih dari satu, maka anda bisa dengan mudah
untuk mengkopi email surat lamaran pekerjaan sebelumnya dan tinggal
menyesuaikannya.
Berikut Cara Mengirim Lamaran Pekerjaan yang Benar Lewat Email dibawah ini :
1. Resume
Anda jangan pernah mencoba untuk menuliskan resume Anda
pada bagian badan email anda. Untuk menuliskan resume anda bisa memisahkannya
di file sendiri kemudian tambahkan dalam lampiran pada email anda.
2. Email Signature
Apa itu Email signature ? Email Signature merupakan
sebuah rangkaian tex yang sengaja ditulis oleh penyedia layanan email anda.
Sebenarnya signature tersebut dapat anda buat, atau bisa juga menjadi bagian
iklan dari penyedia jasa layanan email. Dengan terdapat signature tersebut maka
bisa memberikan kesan yang tidak profesional terhadap surat lamaran anda.
Ada beberapa layanan penyedia email web gratis misalnya
seperti Hotmail dan Yahoo! yang bisa menambahkan email signature dengan
otomatis terhadap email yang dikirimkan. Anda bisa memilih Gmail sebagai
layanan email karena Gmail tidak menyediakan email signature.
3. Dimana Surat Lamaran Ditulis?
Anda pasti akan merasa kebingungan, apakah harus
menuliskan surat lamar pada badan email atau terpisah secara tersendiri.
Berdasarkan pihak HRD yang bekerja di bidang perusahaan multinational, Anda
bisa memasukkan cover letter Anda pada bagian badan email. Dengan begitu, perusahaan
akan tetap menerima surat lamaran yang masuk dengan baik. Berdasarkan
pengalaman beberapa jobseeker yang kami survey, tidak ada sebuah perusahaan
yang akan menolak surat lamaran yang dicantumkan pada bagian badan email.
4. Judul Email
Bagian pada Judul email yang anda kirim harus dapat
mempermudah penerima untuk bisa tahu maksud email yang anda kirim. Dengan
begitu, maka usahakan untuk menuliskan judul yang singkat dan jelas. Contohnya
seperti “Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran”.
*Penting: Bacalah lamaran secara baik dan benar pada
informasi lowongan kerja yang anda dapatkan. Biasanya mereka akan Sering kali
mereka menyuruh Anda untuk mencantukan kode pada bagian judul atau subject pada
bagian email anda.
5. Ukuran Email
Upayakan untuk mengirimkan sebuah email dengan tidak
lebih dari 300 Kb. Sebuah ukuran email tersebut akan sangat mempengaruhi pada
file yang anda attach. Dengan begitu, ada baiknya untuk memeriksa terlebih
dahulu ukuran file tersebut yang akan anda lampirkan. Apabila anda dituntut
untuk memasukkan foto, maka hindarilah ukuran foto yang besar. Anda dapat
memperkecil terlebih dahulu ukuran fotonya dengan menggunakan berbagai jenis
software photo editor.
Semoga Informasi ini bermanfaat ......