Latest News

Kementerian Kelautan dan Perikanan Mencari 325 CPNS


Selain sejumlah instansi lainnya yang membuka lowongan CPNS baru tahun anggaran 2013, Kementrian dan Perikanan (KKP) juga akan memberi kesempatan bagi masyarakat yang akan mendaftar CPNS KKP, dengan membuka lowongan CPNS dengan jumlah sebanyak 325 orang yang nantinya akan diperuntukan mengisi jabatan pada sejumlah kantor pusat juga UPT.

Supranawa Yusuf, Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Kelautan dan Perikanan sekaligus menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 menjelaskan bahwa para pelamar CPNS diharuskan untuk melakukan pengisian biodata pelamar yang dilakukan secara online dengan melalui situs resmi yaitu www.ropeg.kkp.go.id dan setelah melakukan pengisian biodata pelamar harus menegeprint out atau mencetak bidata yang dimaksud, dan berkas tersebut merupakan dokumen-dokumen lamaran yang dilampirkan dalam berkas lamaran untuk validasi.

Supranawa menegaskan, “setiap pelamar CPNS diwajibkan untuk memilih salah satu nama jabatan, dan disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki para pelamar, selain itu juga harus disesuaikan dengan alokasi atau jumlah lowongan jabatan, serta penempatan untuk CPNS. Juga untuk persyaratan khusus yang akan dibutuhkan dalam lingkungan KKP sebagai lampiran I.”

Para pelamar CPNS KKP juga hanya bisa melakukan pendaftaran CPNS via online hanya satu kali saja juga tidak dapat diubah-ubah data tersebut. Pelamar diharuskan melakukan pendaftaran via online pada situs resmi www.ropeg.kkp.go.id dengan cara mengakses pada menu pengadaan CPNS, peserta harus mencantumkan nomor registrasi juga disesuaikan dengan format yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam pengumumannya, juga menyebutkan jenis jabatan serta penempatan kerja yang akan dilamar para peserta.

Selai itu, untuk materi ujian yang nantinya akan diberikan oleh pemerintah yaitu sebagai berikut:
Tes KompetensiDasar (TKD) Materi TKD terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi
Tes tersebut dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi antara lain wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.

Tes Kompetensi Bidang (TKB) Dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan tentang substansi umum bidang Kelautan dan Perikanan.

Untuk tempat pelaksanaan ujian TKD akan digelar di wilayah DKI Jakarta yang dimulai pada tanggal 9 Oktober sampai tanggal 13 Oktober, juga akan digelar pada Sekolah Tinggi Perikanan Jl. AUP Pasar Minggu Jakarta Selatan yang akan digelar pada tanggal 16 Oktober sampai tanggal 20 Oktober 2013.

Persiapkan diri anda untuk menjadi yang terpilih dan semoga informasi ini bermanfaat...